4 Tips Menghadapi Pertanyaan Pelanggan

Tips menghadapi pertanyaan pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari.  Kepuasan pelanggan memiliki dampak besar pada kesuksesan bisnis siapapun. Tingkat kepuasan yang rendah menunjukkan tingkat retensi dan loyalitas pelanggan dan bisa menimbulkan masalah besar yang merugikan bisnis.

Memberikan pengalaman pelanggan yang unik adalah elemen kunci untuk membuat orang mempercayai bisnis Anda. Selain itu, pengalaman pelanggan memiliki dampak yang meningkat pada kepuasan pelanggan. Artinya, hal yang terbaik adalah mulai berfokus untuk menawarkan pengalaman luar biasa kepada klien.

Tips Menghadapi Pertanyaan Pelanggan

1. Dengarkan Keluhan Mereka

Pelanggan yang menghubungi customer service memiliki keluhan dan mereka ingin mengungkapkannya. Tips untuk menghadapinya adalah dengan membiarkan mereka menjelaskan masalah mereka dan dengarkan agar Anda benar-benar mengerti.

Sebab jika Anda tidak memahami masalahnya, Anda tidak dapat menyelesaikannya secara efektif. Pahami setiap keluhan yang mereka sampaikan dengan seksama.

2. Berempati

Tempatkan diri Anda pada posisi pelanggan. Berempati dengan situasi mereka dan ajukan pertanyaan untuk mengumpulkan informasi tambahan yang Anda butuhkan untuk dapat menawarkan solusi yang sesuai.

Pernyataan empati dapat menjadi sempurna untuk situasi ini. beberapa kalimat sederhana yang dapat digunakan siapa saja selama diucapkan dengan niat yang tulus dapat menjadi hal yang berkesan. Contoh percakapan customer service dalam bahasa Inggris yang menunjukkan rasa simpati adalah :

We apologize for understanding your problem

3. Terima kasih kepada pelanggan atas kesempatannya

Pelanggan bisa saja pergi dan menyebarkan pengalaman negatif mereka, sebaliknya jika Anda memberi sebuah sambutan yang hangat, maka pengalaman negative itu akan diubah menjadi pelanggan yang puas. Jadi, cobalah untuk benar-benar berterima kasih kepada mereka atas kesempatan itu. Cobalah mengucapkan kata :

Thank you very much for the complaints, will be our evaluation

4. Selesaikan Masalahnya

Negosiasikan solusi untuk masalah yang mereka hadapi. Pastikan solusi tersebut benar-benar efektif dan baik untuk kedua belah pihak. Jangan lupa untuk ucapkan terimakasih dan juga permintaan maaf.

Mau belajar menjadi customer service yang lebih handal lagi dalam mengucapkan berbagai kalimat dalam bahasa Inggris dan mempelajari tips menghadapi pertanyaan pelanggan? Belajar saja yuk bersama English First! Learn With EF dan dapatkan manfaatnya!

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.