Ashefa Griya Pusaka

Tips Mencegah Peredaran Narkoba di Lingkungan Masyarakat

Narkoba bukan hanya menjadi musuh pemerintah atau aparatur negara. Melainkan ia juga adalah musuh bersama. Setiap masyarakat memiliki kewajiban untuk mencegah barang haram ini beredar di tengah keluarganya ataupun lingkungannya.

 

Bagaimanapun faktor lingkungan menjadi salah satu penyebab maraknya penyalahgunaan narkoba, umumnya di kalangan remaja ataupun para pemuda.

 

Para tokoh masyarakat, orang tua ataupun perangkat desa harus lebih bergerak aktif agar para pemuda sebagai calon-calon penerus desanya tidak terjerumus kedalam lingkaran negatif yang nantinya bisa merugikan semua pihak.

 

Lalu, apa saja sebetulnya langkah yang dapat dilakukan oleh masyarakat umum untuk mencegah peredaran narkoba pada remaja atau pemuda di lingkungannya. Berikut adalah diantaranya. :
Apa Saja Tips Mencegah Peredaran Narkoba?

 

  1. Melakukan Kegiatan Positif

 

Terkadang seseorang menggunakan narkoba karena kejenuhan ataupun sekedar coba coba saja sambil mengisi waktu nongkrongnya bersama teman teman sebaya.

 

Dalam bermasyarakat, menjadi keharusan untuk membentuk kegiatan kegiatan positif baik itu dalam bentuk olahraga ataupun lain sebagainya. Sehingga nantinya para pemuda tidak memiliki waktu untuk melakukan hal hal negatif.

 

Buatlah misalnya lapangan badminton atau misal lapangan voli, dengan begitu setiap aktivitas para pemuda diharapkan dapat bertumpu disana. Dengan begitu pula, siapa tahu nanti bisa menghasilkan atlet atlet yang bisa mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional.

  1. Mengawasi Setiap Aktivitas Pemuda

 

Masyarakat harus bisa melakukan kontrol terhadap setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemuda. Jika sedikit saja melakukan hal negatif beri teguran dengan cara-cara halus dan bersifat persuasif.

 

Ini dikarenakan pemuda berdekatan dengan dunia malam seperti misalnya balap liar, gangster, tawuran dan lain sebagainya. Masyarakat harus bisa lebih mengontrol para pemudanya agar jangan sampai melakukan hal-hal tersebut.

 

Bagaimanapun, setiap aktivitas negatif bisa memunculkan aktivitas-aktivitas negatif lainnya seperti misalnya pengkonsumsian ganja, tembakau gorila dan zat lain yang juga termasuk pada golongan narkoba.

 

  1. Memberi Contoh yang Baik Pada Warganya

 

Masyarakat yang lebih tua harus bisa menjadi contoh yang baik bagi para pemuda, bukan malah sebaliknya. Dengan menjadi panutan, diharapkan para pemuda dapat taat dan memiliki rasa hormat ketika bergaul di tengah lingkungan.

 

Dengan seperti itu diharapkan akan muncul perasaan segan ketika akan melakukan sesuatu yang dianggap kurang baik di lingkungannya, termasuk misalnya ketika ingin mengkonsumsi narkoba. Pemuda tidak akan berani melakukan penyalahgunaan narkoba jika mereka menghormati masyarakatnya sendiri.

 

Sikap Jika ada Pemuda yang Kecanduan Narkoba

 

Dalam hidup bermasyarakat, kita harus saling tolong menolong, begitupun ketika misalnya ada seorang warga yang diketahui menjadi pecandu narkoba. Anda jangan sepenuhnya menjauhinya atau malah menghardiknya.

 

Bagaimanapun, setiap orang mempunyai kesalahan tersendiri dan setiap orang punya kesempatan untuk berubah. Nasihati dia, siapa tahu nanti mau berubah.

 

Ajaklah dia untuk melakukan rehabilitasi narkoba pada tempat tempat yang memang biasanya ada di setiap kota ataupun kabupaten.

 

Dengan tahapan rehabilitasi tertentu yang nanti dilakukan, diharapkan kesempatan untuk ia keluar dari ketergantungan narkoba sangatlah tinggi. Dengan seperti itu diharapkan ia memiliki kehidupan lebih baik kedepannya dan mampu melanjutkan cita-cita positif yang mungkin dimilikinya.

 

Jangan lupa untuk memberikan dukungan moral pada pecandu tersebut ketika nanti telah sembuh. Bagaimanapun ia membutuhkan dukungan lebih agar dapat terjerat dari lingkar narkoba. Tanpa dukungan bersama semangatnya bisa hilang dan bukan tidak mungkin ia kembali pada kebiasaan awal yang dulu dimilikinya. Sesuatu yang tidak diinginkan bersama tentunya. Serta bisa juga melakukan rehabilitasi ditempat rehabilitasi, contohnya di Ashefa Griya Pusaka.

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.