ban mobil

Pentingnya Memperhatikan Tekanan Angin Ban Mobil

Ban pada kendaraan merupakan salah satu komponen yang penting untuk selalu diperhatikan. Salah satunya yaitu memperhatikan tekanan angin ban mobil yang tentunya hal ini dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan pengendara saat menggunakan mobil tersebut untuk kegiatan sehari-hari.

Umumnya, pemilik kendaraan jarang ada yang memperhatikan ban mobil. Padahal, hal ini bisa menyebabkan kendaraan menjadi tidak nyaman dan bahkan menyebabkan tingkat keamanan berkendara yang berkurang.

Umumnya tekanan angin ban tidak boleh kurang maupun lebih. Karena dua hal tersebut akan membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain pada saat berkendara di jalanan. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa ban harus terus diperhatikan tekanannya.

Selain itu, tekanan angin ban juga dapat memengaruhi konsumsi BBM. Umumnya ban yang memiliki tekanan yang buruk akan menyebabkan konsumsi BBM menjadi boros. Selain itu juga dapat mengakibatkan kerusakan pada pelek ban.

Di lain sisi, angin ban yang terlalu berlebihan juga sangat berbahaya bagi pengendara. Pasalnya, ban yang kelebihan angin biasanya dapat menyebabkan bantingan mobil menjadi lebih keras pada saat disetir. Selain itu, ban yang keras juga bisa menjadi lebih bergetar.

Tekanan Angin yang Ideal Ban

Lalu, berapa sih tekanan angin yang ideal untuk ban mobil? Sebenarnya jawaban atas pertanyaan tersebut relatif berbeda. Perbedaan tekanan angin pada ban kendaraan roda empat dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya yaitu beban dari kendaraan itu sendiri.

Untuk mobil bertipe menengah, contohnya seperti Mini SUV, tekanannya berada pada range 30 sampai 32 PSI. Semakin bagus nilai tekanannya, maka semakin bagus dan nyaman mobil tersebut dikendarai.

Untuk mobil yang lebih kecil, maka tekanan bannya bisa Anda sesuaikan pada range bernilai 28 hingga 30 PSI saja.

Sebenarnya tekanan angin ini akan lebih kompleks ketika kita berbicara tentang mobil-mobil dari berbagai genre. Terutama untuk mobil yang biasanya mengangkut barang-barang yang tergolong banyak dan berat.

Itulah informasi seputar tekanan angin ban yang perlu Anda ketahui. Pasalnya, tekanan angin pada ban sangat penting untuk kendaraan karena dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan para pengendara. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.