startup perikanan indonesia

Cara Mudah Mengawetkan Ikan : Tips dan Trik Agar Tetap Segar

Dengan teknologi yang semakin maju, banyak inovasi yang dilakukan oleh manusia termasuk mendirikan perusahaan rintisan atau start-up di berbagai bidang. Salah satunya adalah startup perikanan Indonesia yang berkontribusi dalam bidang kelautan dan kesejahteraan nelayan.

Tentunya bidang kelautan dan perikanan memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ini karena masyarakat terbiasa menikmati olahan ikan dan sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Oleh karena itu, salah satu tips penting yang perlu diketahui adalah untuk bisa mengawetkan ikan agar tetap segar dan tahan lama.

Seperti apa cara mengawetkan ikan agar tetap segar dan tahan lama? Yuk simak tiga tipsnya berikut ini.

1. Memilih Ikan Yang Berkualitas

Tips pertama dan merupakan tips yang paling penting adalah memilih ikan yang berkualitas. Dengan memilih ikan yang berkualitas, ikan akan menjadi segar dan tahan lebih lama. Ada ciri-ciri yang perlu diperhatikan sebelum membeli ikan yang berkualitas.

Ciri pertama yang menunjukkan jika ikan memiliki kualitas yang baik adalah dengan melihat mata ikan. Jika mata ikan masih terlihat jernih, tidak keruh, atau berwarna merah, maka ikan tersebut merupakan ikan berkualitas.

Pastikan juga ikan memiliki bau khas air laut dan bukan bau amis, warna insang yang masih berwarna merah cerah, serta daging yang terasa kenyal saat ditekan. Ciri-ciri tersebut menandakan ikan yang masih segar dan memiliki kualitas tinggi.

Dengan memilih ikan yang berkualitas, maka proses pembusukan ikan akan menjadi lebih lama. Sebaliknya, jika memilih ikan yang sudah tidak segar maka ikan akan cepat membusuk.

2. Menggunakan Teknik Penggaraman

Tips kedua yang bisa untuk dilakukan untuk mengawetkan ikan adalah melakukan teknik penggaraman. Melakukan penggaraman pada ikan dapat membantu untuk menyerap kadar air dan juga mencegah jamur dan bakteri yang mungkin muncul pada ikan.

Cara penggaraman ini adalah dengan melumuri garam pada daging ikan secara merata. Cara ini dapat membantu untuk mengawetkan ikan hingga beberapa minggu. Selain membantu mengawetkan ikan agar tidak bau, menabur garam pada ikan juga dapat menambah cita rasa daging ikan.

3. Menyimpan Ikan Ke Dalam Pendingin

Tips ketiga untuk mengawetkan ikan agar tetap segar dan tidak bau adalah dengan menyimpan ikan ke dalam pendingin atau freezer. Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan. Dengan menyimpan ikan menjadi beku, bakteri dan jamur akan terhambat pertumbuhannya oleh air.

Ikan cukup disimpan dalam kulkas, freezer, atau bisa juga dengan menggunakan balok-balok es yang besar. Dengan teknik penyimpanan ini, Ikan dapat tetap segar dan tidak bau selama beberapa hari.

Sudah Tahu Tips dan Trik Mengawetkan Ikan?

Ada tiga cara mudah untuk mengawetkan ikan. Pertama, tentu dengan memilih ikan yang berkualitas. Lalu, penyimpanan ikan dapat dilakukan dengan teknik penggaraman atau pendinginan dengan freezer dan juga balok-balok es. Sungguh mudah untuk diaplikasikan bukan? Semoga bermanfaat, ya!

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.