Cara Memilih Brankas Untuk Keperluan Rumah

Pada setiap rumah tentunya memiliki sebuah maupun beberapa barang berharga yang pastinya akan dilindungi oleh pemilik rumah, bisa saja barang berharga itu seperti uang, perhiasan, dokumen penting baik itu dokumen perusahaan maupun dokumen pribadi. Maka salah satu tempat penyimpanan yang harus ada adalah brankas. Brankas bisa melindungi barang berharga kita dari berbagai ancaman seperti kebakaran, banjir, dan kemalingan. Pada brankas sendiri juga memiliki banyak modelan kunci yang bisa dipilih sesuai dengan keperluandan selera kamu masing-masing.

Salah satu merek yang terkenal di dunia brankas adalah merek Krisbow, Honeywell, sampai dengan Sentrysave yang bergerak secara khusus dalam dunia keamanan, dalam memilih barang pastinya kita harus tahu keperluan kita dan jugapenempatan barang itu sendiri, Anda harus membacanya sampai selesai agar bisa memilih brankas dengan benar.

  • Cara memilih brankas yang baik untuk keperluan rumah tangga

Menentukan barang untuk keperluan rumah tangga memang sulit dan memiliki banyak pertimbangan, maka dari itu setelah ini adalah beberapa tips untuk memilih brankas yang baik

1. Memilih brankas berdasar aplikasi penggunaannya

Untuk yang pertama adalah menentukan tipe dari brankas yang akan Anda beli, apakah brankas yang disimpan di dalam rumah atau brankas yang Anda bisa membawanya kemana saja Anda pergi, hal ini penting karena jika Anda sampai salah memilih maka kegunaan brankas ini akan berkurang.

a. Tipe lemari

Tipe lemari direkomendasikan bagi Anda yang ingin menyimpan barang berharga seperti perhiasan, logam mulia, atau uang. Terdapat banyak model yang berat, kukuh, dan tahan api. Maka dari itu, tipe lemari ideal untuk Anda yang ingin mencegah barang berharga dari dicuri dan terbakar.

Akan tetapi, tipe ini tidak mudah dievakuasi karena bobotnya. Jadi, Anda bisa kesulitan membawanya ke luar saat terjadi kebakaran atau gempa bumi. Harganya juga bervariasi dari tipe kunci dan fungsinya.

b. Tipe portabel

Keuntungan utama dari tipe portabel adalah mudah dibawa dan disimpan. Harganya lebih murah dari lemari jenis lain, dan fungsinya terlihat jelas. Jenis ini banyak ditemukan pada brankas berukuran kecil dengan panjang atau lebar maksimal sekitar 30 cm. Namun, masih banyak model yang tidak tahan api dan dapat mencegah penyusupan. Oleh karena itu, jika Anda ingin membawa brankas saat harus mengungsi, gunakan jenis ini.

2. Memilih jenis brankas berdasar kuncinya

Penguncian pada brankas memang berbeda-beda, tergantung kita yang memiki mau menggunakan yang tingkal kuncinya ribet atau simpel. Namun semakin tinggi keamanan maka akan semakin sulit pula brankas ini dibobol.

a. Tipe magnetik: penggunaan yang mudah dan tingkat keamanan yang tinggi

Penggunaan tipe ini sangat mudah hanya dengan menggunakan kartu saja maka brankas ini akan terbuka, dan juga terdapat kombinasi numerik, namun jika menggunakan cara ini akan memakan waktu agak lama.

Tipe ini sangat mudah digunakan namun tentu saja tipe ini memiliki banyak fitur tentunya mempunyai harga yang sangat tinggi dan masih sangat jarang masyarakat yang menggunakan alat ini.

b. Tipe Dial:  penguncian yang handal dan keamanan yang pasti

Kunci ini memang sudah lama digunakan pada brankas. Pengoperasiannya lebih sulit, tetapi akan menjadi mudah ketika Anda sudah terbiasa. Tingkat keamanannya dinilai sangat baik karena butuh ketelitian tinggi.

 

Pengoperasian dial-nya menjadi hal yang paling penting saat memilih tipe ini. Bila putarannya licin dan posisi angkanya tidak mudah ditemukan, Anda akan kesulitan saat memasukkan angkanya. Coba saja lebih dahulu sebelum membelinya apabila memungkinkan. Bila Anda belanja online, periksa ulasan dial-nya baik-baik.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.