Anak Muda Juga Bisa Terkena Darah Tinggi, Ini Sebabnya

Banyak yang mengira hipertensi adalah penyakit yang menyerang orang dewasa dan usia lanjut. Tapi nyatanya, saat dicek menggunakan alat tensi darah, tidak sedikit anak muda yang tekanan darahnya di atas normal.

 

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018, sebanyak 13,2% penderita hipertensi berusia 18-24 tahun. Lalu, apa sih sebenarnya penyebab darah tinggi di usia muda? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

 

6 Penyebab Hipertensi pada Anak Muda

Berikut beberapa penyebab tekanan darah tinggi pada usia muda:

 

  1. Genetik
    Faktor pertama yang bisa menjadi penyebab hipertensi ialah keturunan atau genetika. Beberapa kajian literatur juga menunjukkan bahwa riwayat hipertensi dari keluarga merupakan penyebab dominan tekanan darah tinggi pada usia muda.

 

  1. Obesitas
    Selain genetika, faktor dominan penyebab tekanan darah tinggi ialah obesitas. Data statistik WHO (World Health Organization) juga menujukkan bahwa kasus obesitas meningkat sebanyak 3x lipat sejak 1975.

    Pada anak dan remaja, jumlahnya meningkat dari 4% ke 18% pada 2016. Nah, obesitas inilah yang merupakan faktor penyebab hipertensi dan penyakit degeneratif lain yang berhubungan dengan kerusakan jantung, sistem pembuluh darah, dan ginjal.

 

 

  1. Kurang olahraga

Melakukan aktivitas fisik membuat tubuh bisa memproduksi hormon yang berfungsi melemaskan dinding pembuluh darah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebaliknya, jarang berolahraga akan membuat berat badan menjadi berlebih dan risiko hipertensi pun akan semakin tinggi bahkan di usia muda.

  1. Pola makan buruk

Banyaknya jenis makanan junk food membuat anak muda masa kini kerap meninggalkan masakan tradisional. Padahal, makanan cepat saji ini memberikan efek buruk bagi kesehatan. Di antaranya obesitas yang bisa menjadi faktor utama penyebab tekanan darah tinggi.

Adanya kandungan garam yang juga cukup tinggi dan dikonsumsi secara berlebih akan mempersempit pembuluh darah. Hal ini juga akan mengakibatkan hipertensi di usia muda.

 

  1. Perubahan hormon

Usia muda merupakan masa-masa di mana tubuh mengalami pertumbuhan fisik dan hormonal. Nah, perubahan hormon testosteron dan estrogen pada anak muda ini bisa saja menjadi penyebab tekanan darah tinggi.

 

  1. Jarang cek darah

Tidak sedikit anak muda meremehkan penyakit hipertensi. Anggapan hipertensi hanya menyerang orang dewasa dan usia lanjut membuat anak muda jadi kurang mawas diri. Jarang olahraga, tidak menerapkan pola hidup sehat, bahkan tidak pernah cek tekanan darah.

Padahal, cek tekanan darah secara rutin sangat penting untuk memantau keadaan tubuh kita dari penyakit degeneratif. dengan cek rutin, kamu bisa mengambil langkah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh di masa depan.

 

 

Nah, itulah 6 sebab anak mudah kena darah tinggi. Bagaimanapun, hipertensi adalah penyakit yang perlu diwaspadai sejak dini. Hal yang bisa dilakukan ialah dengan rutin cek darah.

 

Kini sudah banyak alat tensi darah berkualitas yang bisa membantumu memantau tekanan darah dan mencegah risiko komplikasi dari awal, salah satunya adalah alat tensi darah Omron yang akurat dan mudah digunakan untuk memonitor tekanan darah Anda. Yuk jaga kesehatan sejak dini!

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.